SELAMAT DATANG DI BLOG SD WIDURI JAYA, ADDRESS : JL. DURI MAS RAYA NO.1 KEL. DURI KEPA KEC. KEBONJERUK JAKARTA BARAT, PHONE. 021-5605159 INFO FROM MR. TARYO HA, S.Pd. BLOGGER OF SD WIDURI JAYA


Jumat, Maret 11, 2011

Tsunami Jepang 11 Maret 2010


Jepang, 11 Maret 2010, Gempa berkekuatan 8,8 skala richter telah menyebabkan gelombang tsunami setinggi 4 meter yang menghempas pulau Honshu, Jepang. Dilaporkan sejumlah orang terluka dan seuruh wilayah pulau tersebut kini terendam.

Akibat dari gempa tersebut tidak hanya dirasakan penduduk pulau Honshu saja. Di Tokyo, pengelola kereta bawah tanah Tokyo Metro telah memutuskan untuk menghentikan orperasi sampai keadaan dinytakan aman. The Shinkansen Bullet Trains juga berhenti beroperasi sesaat setelah gempa mengguncang wilayah tersebut. Pemerintah Daerah Tokyo juga menutup ke 19 pintu air di kota tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya pihak badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa gempa mencapai kekuatan 7,9 skala richter. Namun Survei Geologi Amerika Serikar (USGS) menginformasikan kesalahan pengukuran gempa tersebut yng aslinya berkekuatan 8,8 skala richter.

Gempa berpusat di 382 kilimeter timur laut Tokyo pada kedalaman 10kilometer. Guncangan gempa terasa hampir di semua daerah pantai pasifik Jepang, termasuk Tokyo dan Osaka. Sejumlah orang dilaporkan terluka dan kepulan asap hitam terlihat menguar dari sebuah bangunan yang terletak di wilayah tepi laut Odaiba, (Xinhua/SMH/NHK)

0 comments:

Posting Komentar